Feel Good Movie

Standard
Have i told you how much i LOVE this movie?
jadi ya, saya itu biasanya punya 1 feel-good movie. 
Adapun kriteria film feel-good saya biasanya :
1. Film yang biasanya bertema cinta
Yeaaaa .. call me shallow. Tapi tema film yang paling ampuh membuat saya merasa feel-good adalah soal percintaan. Tapi percintaan yang simpel-simpel aja ya bok, jangan yang susah rumit dramatis macam Wicker Park. 
2. Pemeran-pemeran utama yang lovable
Pemeran utamanya nggak usah keterlaluan cakepnya atau tampak sempurna tapi nyebelin deh, yang penting LOVABLE. Jadi saya juga nggak sirik sama mereka, bisa ikut seneng kalau mereka bahagia – bukannya malah nyela-nyela karena saya ngarep bisa merebut sang pemeran utama lelaki dari sang pemeran utama perempuan.
3. Setting menyenangkan
Contoh: New York di musim dingin/semi/gugur – oh well, i am a sucker for New York – kayaknya New York musim apa aja selalu terlihat menyenangkan hahahahaks. Tapi kota-kota vintage lain macam kota-kota di Spanyol dan Italia juga seru. Sayang biasanya film-film yang setting-nya di Spanyol / Italia jarang yang berjenis feel-good begini.
4. Jalan cerita yang romantis tapi nggak kacangan.
Nah, alur cerita mesti mudah diikuti (jangan keasikan lompat-lompat, kadang lompat ke depan, kadang lompat ke belakang, bikin kening nyureng nontonnya), nggak usah pake twist yang berlebihan, tapi nggak lantas jadi cetek dan kacangan lah. Tapi kadang alur film yang standar, tapi dieksekusi dengan rapi (adegan-adegan yang terasa easy on the eyes, setting dan kostum yang asyik) tetep oke kok.
5. Penuh dengan dialog bernada positif yang bisa di-quote
Jadi, film dengan quote-quote kasih tak sampai atau cinta tak terbalas tentunya nggak masuk kriteria ini. Tapi nggak lantas isinya ngomong semua juga sih, kayak Before Sunrise/Sunset yang bikin proses menonton film jadi terasa seperti diskusi brainstorming yang melelahkan, atau If Only yang bikin sedih. Pokoknya dialognya harus positif dan penuh optimisme deh.
Yang pasti, feel-good movie biasanya saya tonton kalau saya mulai merasa agak depresif, kurang bersemangat dan pesimis sama cinta. 
Menonton film macam ini terasa seperti terapi, yang selalu sukses membuat saya merasa lebih baik dan kembali optimis romantis lagi – tanpa akhirnya harus merasa mellow dan patah arang karena setelah nonton saya malah jadi kepingin dan mendamba hal-hal romantis yang saya liat di film tapi pada kenyataannya nggak bisa.
Nah, ENCHANTED itu film feel good saya! 
Jadi ya, menurut saya film itu memenuhi SEMUA kriteria di atas. 
Tenang, ini bukan review. Saya mau cerita aja kenapa saya suka banget sama film ini. Seorang mantan pacar / sahabat karib saya dulu pernah suruh saya nonton film ini, dengan keyakinan saya PASTI suka. Saya tak sempat nonton film ini di bioskop, akhirnya pertama kali nonton di DVD.
And he’s right. I fell in love with this movie.
Enchanted pun menggantikan posisi Serendipity sebagai film feel-good saya, dan sejak direlease tahun 2007 (really? kayaknya saya baru nonton 2008) saya udah nonton film ini 4-5 kali dan saya selalu memperoleh efek positif yang sama.
Menurut saya film ini brilian dari segi cerita dan visualisasi. 
Apalagi kalau udah mulai adegan-adegan nyanyi-nyanyinya, sumpah saya suka banget!
Jadi, film ini menggabungkan kartun 2 dimensi, animasi 3D dan kehidupan nyata. 
Settingnya di New York, diperankan Patrick Dempsey (Grey’s Anatomy) dan Amy Adams (Night at the Museum 2, Julie & Julia) – dua orang yang sangaaaattt lovable. 
Story line yang unik dan dipenuhi adegan-adegan ala film putri dongeng, seperti pasukan binatang yang bekerja sama membersihkan rumah, sepasang burung yang memasang pita di pinggang, maupun tarian kolosal di Central Park. 
Tadi pagi saat siap-siap berangkat ke kantor saya menyempatkan diri memasang DVD film ini, khusus pengen liat bagian nyanyi-nyanyinya aja. 
Hasilnya? 
Saya ceria sekali saat sampai di kantor tadi. Hahaha. 
Here’s my favorite song from the movie (ini lagu yang kemudian menjadi tarian kolosal di Central Park yang keren abis)
That’s How You Know 
Amy Adams
 Giselle :
How does she know you love her? 
How does she know she’s yours? 

Man: 
How does she know that you love her? 

Giselle: 
How do you show her you love her? 

Both: 
How does she know that you really, really, truely love her? 
How does she know that you love her? 
How do you show her you love her? 
How does she know that you really, really, truely love her? 

Giselle: 
It’s not enough to take the one you love for granted 
You must remind her, or she’ll be inclined to say… 
“How do I know he loves me?” 
(How does she know that you love her? 
How do you show her you love her?) 
“How do I know he’s mine?” 
(How does she know that you really, really, truely love her?) 

Well does he leave a little note to tell you you are on his mind? 
Send you yellow flowers when the sky is grey? Heyy! 
He’ll find a new way to show you, a little bit everyday 
That’s how you know, that’s how you know! 
He’s your love… 

Man: 
You’ve got to show her you need her 
Don’t treat her like a mind reader 
Each day do something to need her 
To believe you love her 

Giselle: 
Everybody wants to live happily ever after 
Everybody wants to know their true love is true… 
How do you know he loves you? 
(How does she know that you love her? 
How do you show her you need her?) 
How do you know he’s yours? 
(How does she know that you really, really, truely-) 

Well does he take you out dancin’ just so he can hold you close? 
Dedicate a song with words in 
Just for you? Ohhh! 

All: 
He’ll find his own way to tell you 
With the little things he’ll do 
That’s how you know 
That’s how you know! 

Giselle: 
He’s your love 
He’s your love… 

That’s how you know 
(la la la la la la la la) 
He loves you 
(la la la la la la la la) 
That’s how you know 
(la la la la la la la la) 
It’s true 
(la la la la la) 

Because he’ll wear your favorite color 
Just so he can match your eyes 
Rent a private picnic 
By the fires glow-oohh! 

All: 
His heart will be yours forever 
Something everyday will show 
That’s how you know 
(That’s how you know) 
That’s how you know 
(That’s how you know) 
That’s how you know 
(That’s how you know) 
That’s how you know 
(That’s how you know) 
That’s how you know 
(That’s how you know) 
That’s how you know 
(That’s how you know) 
That’s how you know! 

Giselle: 
He’s your love… 

Man: 
That’s how she knows that you love her 
That’s how you show her you love her 

Giselle: 
That’s how you know… 
That’s how you know… 
He’s your love..
videonya bisa diliat di sini :
just watch it, and tell me, isn’t it AWESOME?
hahahaha.
ok, enough about my feel-good movie.
how about yours?
share me just ONE title, and tell me why it’s your feel good movie! :) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s