Murmuring

Standard

kamu lucu.

nyaris dua bulan saya pergi dari hidup kamu,
dan kamu pun tak mencari saya

tidak, tidak,
saya tak marah
saya tahu, bisa jadi karena saya larang kamu untuk melakukannya.

setiap kali saya telepon kamu pun
saya larang kamu untuk terlalu perhatian,
sampai kamu protes kenapa saya harus serumit ini.

saya selalu balik menanyakan kabar kamu
yang selalu tak terlalu banyak berubah
masih sibuk sama kerjaan kantor yang tak berkesudahan itu
barely having a life outside the office

same old, same old.

tapi setidaknya,
nama saya tak lagi muncul dalam hidup kamu kan?
nama saya tak lagi membuat gara-gara dalam hidup kamu kan?

bagus.

mungkin kamu sebal saat saya lalu mengirimkan kamu email,
dengan beberapa baris pendek yang lugas
pertanyaan to the point
di awali dengan “Dear (namamu) ..”
dan di akhiri dengan “Regards,”

email standar, lugas, tanpa basa basi
seolah kamu bukan siapa-siapa.
seolah kamu tak pernah menjadi siapa-siapa.

dan kamu pun membalas dengan sama lugasnya
sama standarnya,
sama tanpa basa-basinya.

email kamu tak lebih dari lima kalimat,
seraya mengulang sebuah fakta yang sudah terlalu jelas
jadi ya, saya tahu kamu marah.

kamu lucu!

lupa ya,
saya pernah menangis saat berdebat di telepon sama kamu
melawan kekeras kepalaan kamu
untuk tak mengucapkan seberapa saya berarti buat kamu

lupa ya,
with all those hours spent talking, emailing and texting
talking about nothing and everything, all at once.

saya belum!

rasa itu masih ada,
rasa itu akan selalu ada.

tapi bila dulu saya memilih mengikutinya,
kali ini saya memilih untuk memendamnya dalam diam,
dan tak membiarkan kamu tahu (lagi).

jangan marah.
kamu tahu saya harus melakukannya, kan?

for the sake of you,
for the sake of myself.

Leave a Reply

