Setelah Lima Tahun

Standard


Percakapan larut malam, di penghujung sebuah hari yang melelahkan.

Setelah enam tahun sejak pertama kali berjumpa,
dua tahun sejak terakhir kali berucap “Farewell,”
enam hari setelah argumentasi terakhir yang menyakitkan,
dan ratusan siklus dekat-jauh yang selalu berulang dan terkadang melelahkan.


“I just want to know if I ever mean something for you.”

Sebuah pertanyaan yang berpusar sejak bertahun-tahun yang lalu,
yang tak pernah terjawab,
sehingga tersimpulkan dengan sendirinya
bahwa jawabannya adalah tidak.

Ada sunyi sejenak malam itu.

“Can I ask you something first?”
“Yes?”
“Do you love me?”

Terhenyak. Mendadak gelagapan.
“Hmmph .. I definitely did, but now ..–“

“Because I do.”

WHAT?

“You do, or you did?”
“I do.”

WHAAAATTT?!

“Halo? Kamu nggak kenapa-kenapa kan?”
“Hmmph .. nggak. Cuma kaget aja. Do you know I’ve been waiting for that answers for years?”

Dia tersenyum.

“If you love me, you have to let me go. Biarkan saya menjadi diri saya sendiri, melihat saya sebagaimana apa adanya saya, tanpa adanya kamu di samping saya.”
“Kenapa?”
“Karena mungkin memang belum waktunya?”

Sunyi.

“Just let it flow. We know we cannot force something to happen before its time.”

Helaan nafas.

“Kamu itu penting buat saya. Kamu adalah teman terdekat saya. Kalau hidup saya dibuat biografi, kamu pasti ada di dalamnya.”
Oh ya? For how many chapters?”
“It depends. If my life ends now, you’ll be on most of the pages.”

Ah.
She’s Ms. Big for her Mr. Big after all.


Quoted from
here :
“Salah satu keinginan manusia yang terbesar adalah
mengetahui apakah keberadaan dan eksistensinya berarti bagi manusia yang lain,”

dia mendapatkan jawabannya dua malam yang lalu,
setelah lima tahun menunggu.

Akhirnya.

images taken from here

Leave a Reply

