090117 [ Banteng Peduli ] Survei II – PA Murni Jaya, Cilincing

Standard

Jadi, Sabtu kemarin (17 Jan), gue, Ikun, Danang dan salah satu temen gue, Jerry, seorang jurnalis foto dari koran berbahasa inggris keluaran KKG, survei ke Panti Asuhan Murni Jaya yang terletak di daerah Cilincing. gue dan Jerry sengaja berangkat duluan, karena takut susah nemu lokasinya di sana. tapi ternyata nggak. lokasinya masuk gang yang (sebaiknya) ditempuh dengan jalan kaki, tp nggak jauh dari jalan besar (Jl. Kramat Jaya).

di sana kita disambut sama Ibu Jaitun dan Pak Sutripno, sepasang bapak-ibu pemilik panti ini. Panti Asuhan Murni Jaya ini ternyata “warisan” ibunya Pak Sutripno, yang dulu bekerja sebagai bidan yang banyak memiliki pasien tidak mampu – sehingga anaknya dititip untuk diasuh oleh ibunya Bapak. Saat ibunya itu meninggal, panti ini pun dilanjutkan oleh Pak Sutripno, yang ternyata mantan pegawai Toyota selama 23 tahun. Beliau pun mengundurkan diri dari Toyota untuk full time mengurusi panti dan anak-anak yang diasuhnya.

Panti ini mengasuh 75 anak – dimana 20 di antaranya berasal dari keluarga di lingkungan sekitar yang tak mampu sehingga diurus oleh panti asuhan. benar-benar over capacity, mengingat bentuk panti ini yang seperti rumah petak biasa, berlantai dua. anak-anaknya Pak Sutripno juga tinggal di sana, termasuk juga sang nenek.
range usia anaknya adalah 1 sd 16 tahun – semua anak usia sekolah disekolahkan oleh Panti Asuhan Murni Jaya, juga diberi uang jajan secukupnya – supaya mereka nggak sedih saat harus melihat teman-temannya yang lain jajan pas istirahat.
Mereka disekolahkan sampai SMP/SMA, dimana setelah itu mereka bisa memilih mau terusin sekolah atau buka usaha. rata-rata mau bikin usaha, jadi biasanya selanjutnya Pak Sutripno bakal mengusahakan agar mereka dikasih keterampilan / bekal bikin usaha.

it’s really not easy to raise 75 kids until they’re independent – terutama di saat dana operasional yang bisa diandalkan per bulan itu nyaris nggak ada. Yayasan memang ini punya tanah di Tj. Priok, yang saat ini masih digunakan untuk beternak kecil-kecilan, untuk memperoleh penghasilan tambahan.
Tapi untuk kebutuhan sehari-hari, serba ngepas. TV cuma ada 1, di ruang tengah yang bercampur sama rak baca dan dapur. Kamar pun ada beberapa di lantai bawah dan atas, tapi kondisinya sangat nggak layak dan nggak sehat. kasur digelar di lantai, dengan lemari-lemari reyot, biasanya agak gelap, dan ditempati banyak anak sekaligus.
di sana ada beberapa alat rumah tangga seperti kompor, mesin cuci, kulkas kecil, bahkan freezer – semuanya sumbangan. tapi ya .. sumbangan itu kan seringkali cuma dateng sesekali, sama sekali nggak bisa diandelin untuk memenuhi kebutuhan rutin.

however, memang sepertinya mereka butuh banget bantuan .. gue dan ikun sih rasanya langsung akur pengen milih tempat ini jadi lokasi charity event kita ..

btw sepertinya mereka membutuhkan sumbangan cash (untuk uang sekolah) sama besarnya dengan kebutuhan dalam bentuk barang.
mungkin untuk barang, jenisnya sbb :

1. Seragam sekolah laki-laki & perempuan (SD – SMP)
2. Kasur busa & bantal
3. Selimut, Sprei ukuran single (bekas/baru)
4. Perlengkapan sekolah
5. Furniture bekas spt = Lemari, buffet dll
6. Handuk, kaos kaki, pakaian dalam
7. Pakaian Bekas (anak2, dewasa)
8. Makanan / Minuman bergizi (susu, buah, dllst)
9. Kebutuhan sehari-hari : deterjen, sabun, sampo, dllst

Sedangkan sumbangan berupa dana bisa ditransfer ke:

A/C no. 128 154 6410
BCA Cabang Pasar Minggu
a/n Syanthy Christianty

Setelah transfer, bisa dikonfirmasi ke salah satu orang di bawah ini :
Nuky : 0818 064 72500
Syanthy : 0816 836 161
Citra : 0856 762 5544

jadi kalau ada yang bisa nyumbangin salah satu atau beberapa item di atas, kasih tahu kita ya.nggak ada jumlah sumbangan minimal atau maksimal. semuanya diterima dengan senang hati!🙂

Oh ya, kalau bisa kerahkan juga sodara-sodara dan teman-teman sekalian .. biar tambah banyak sumbangan yang bisa kita kasih ke mereka ..
Kalau kira-kira ada teman / kerabat yang bisa dimintai sumbangan, dan butuh format (sejenis) proposal dari kita, kasih tahu aja ke Citra ato Syanthy, supaya bisa kita bantu ..

every little help counts, jadi jangan ragu untuk ngasih bantuan dalam bentuk apa aja ya .. semuanya akan diberikan kepada yang membutuhkan juga kok.
Kalo mau ngasi sumbangannya ANONYMOUS juga boleh, kasi tau aja ke salah satu orang di atas yang dipercaya, maksudnya biar kita nggak kebingungan saat misalnya, ada duit 20 juta masuk ke rekening (ngarep mwhahahaha!),
nanti kita pasti nggak bilang sapa-sapa kok .. bener deh!😉

so, guys,
siap beramal kah kita?

pictures courtesy of :
J. Adiguna
Citra Savitri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s