And the Greatest Has Passed.

Standard

This is the day when Indonesia lost one of his greatest diplomat.

Bpk Ali Alatas, seorang diplomat hebat yang saya kagumi, wafat pada usia 76 tahun di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura, Kamis (11/12) sekitar pukul 07.40 waktu setempat.

Beliau pernah datang ke kampus saya beberapa tahun yang lalu.
Bicara di depan ratusan mahasiswa Hubungan Internasional yang matanya masih berbinar penuh idealisme, mengenai dunia yang ditekuninya.
Mata saya salah satu di antaranya.

Beliau bicara mengenai pengalaman beliau di berbagai negosiasi internasional penting.
Juga bicara mengenai kewajiban seorang diplomat yang harus mengorbankan kehidupan pribadi, dan tak jarang keluarganya, demi kepentingan negara.

He looked so smart, so passionate.
Dia tampak begitu hebat, membuat saya kagum sekali padanya.

Beliau jugalah salah satu tokoh yang membuat saya mencintai dunia Hubungan Internasional (HI) – walaupun saat lulus kuliah, realita memaksa saya untuk berbelok jalan menekuni karir di jalur yang berbeda.

He was truly an inspiration for me.


Farewell, Pak Ali.
I have never forgotten that day, when I was sitting in the same room with you, hearing all those inside stories of Indonesian history, from you – one of Indonesia’s greatest diplomat.

*uh. jadi beneran sedih*

image taken from here

Leave a Reply

