God works fast

Standard

sepanjang minggu saya sedang sakit hati sama dosen saya di kampusnya orang kaya itu
terbiasa dengan kultur kampus yang tidak mementingkan materi maupun status ekonomi semasa menjalani strata satu,
saya kelabakan ketika kali ini saya menghadapi kampus dimana materi tetap menjadi salah satu hal terpenting
dimana kesediaan dosen meluangkan waktu untuk membimbing mahasiswanya dalam menyelesaikan thesis sedikit BANYAK dipengaruhi oleh apa saja yang sudah ‘dikeluarkan’ mahasiswa itu untuk sang dosen.

saya sebal setengah mati.
mengingat saya sudah keluar cukup banyak uang untuk membayar tuition, khususnya saat mengulang thesis untuk satu semester lagi,
rasanya nggak rela menambah pengeluaran demi memanjakan sang dosen dengan traktiran salon, makan, kopi ataupun spa!

tapi ya begitu,
melihat sepertinya saya kurang “royal” padanya,
dia pun mulai mempersulit saya untuk ketemu bimbingan sama dia
satu janjian sesi bimbingan batal,
dengan alasan saya nggak sms / telepon dia untuk konfirmasi.
pada saat saya bilang saya sudah kirim sms dan telepon dia tapi tidak ada balasan
dia bilang pasti karena saya tidak mencantumkan nama di sms saya.

oh, please!

dan dia baru mau menemui saya lagi SEMINGGU kemudian.
which is, mepet abis, karena deadline saya tinggal dua minggu lagi saat itu.

anyway,
insiden ini cukup bikin saya sakit hati dan menolak mengerjakan apapun yang berhubungan sama thesis saya. sebenernya rugi di saya juga sih, secara deadline tinggal sebentar lagi. tapi saya nggak peduli.

selasa kemarin adalah hari janjian itu.
saya sudah kirim sms ke dia untuk konfirmasi jam pertemuan sejak hari Senin, dengan mencantumkan nama.
tidak ada balasan.
saya kirim sms lagi hari Selasa, sekitar jam 10, dengan mencantumkan nama.
saya sudah berpikir dia tidak akan membalas.

ternyata balasan itu datang jam 11.45.
saya harus bertemu dia di kampus saya jam 16.30.

hari itu saya pun ke kampus, ketemu sang dosen. berusaha menahan diri saat dia bertingkah judes setengah mati dan sekali lagi berubah omongan mengenai apa yang harus saya lakukan dengan tugas akhir saya.
dan menyaksikan dia berubah menjadi ramah setelah kita melangkah keluar dari kampus, dan dia menerima satu loyang macaroni schotel dari tangan saya, yang sempat juga ditampiknya sebelumnya saat kita masih di kampus (sepertinya dia jaim. hehe)
lalu dia pun menjadi kooperatif.
dia memberi arahan pada saya, dan menyuruh saya ketemu dia minggu depan, dengan membawa bab 2 sd 5 tugas akhir saya. dan deadline dimundurkan sampai hari sabtu minggu depan. saya punya waktu tambahan 1 minggu.

ah.
perkembangan yang sangat menyenangkan!

anyway,
sesampainya di rumah, saya bertemu kakak saya.

dia : “gimana? tadi jadi bimbingan nggak?”
saya : “jadi kok.”
dia : “bagus deh. udah didoain sekantor tuh!”
saya : (bengong) “maksudnya?”
dia : “iya, tadi kan ada kebaktian rutin di kantor. aku minta aja didoain sekalian..”
(kakak saya yang ini juga yang berpendapat sakit radang lambung saya selama dua hari kemarin kemungkinan besar karena stres)
saya : (mendadak dapat firasat tertentu) “tadi kebaktiannya jam berapa?”
dia : “jam 11.30,”

dan sms saya tadi siang dibalas jam 11.45.
astaga.
Tuhan bekerja cepat sekali!

it is indeed true.
God will make a way, when there seems to be no way.

ah.
saya merasa tertoyor kemarin.
for quite a while, i act like i can do everything on my own. sampai akhirnya saya terpuruk, dan apapun yang saya lakukan dengan segenap kekuatan saya tidak mampu membuka jalan maupun menyelesaikan masalah saya.

tapi memang hanya Dia yang bisa.
only He, who can change hearts,
only He, who can open ways.

saya percaya Dia yang mengubah hati dosen saya yang menyebalkan itu.
bukan saya.
ah.
mungkin ada sedikit bantuan dari si macaroni schotel, yang dibuat oleh ibu saya dengan sepenuh hati, dengan doa agar dosen saya berubah menjadi baik hati🙂

Leave a Reply

