hoax

Standard

ada yang pernah dapet pesen begini via sms / ym / email / ato pun wahana perpesananan lainnya :

TOLONG DI RANTAIKAN…
dicari golongan darah AB, dan bersedia membantu seorang sahabat: dian_USD , ekonomi 06 BINUS kanker otak stadium 4. Hubungi Ketut (0818041674 97). Tolong disebarkan.. . Thanks before …

i have.
lebih dari sepuluh kali.
paling sering lewat YM, tapi pernah juga lewat SMS.

pertama kali gue dapet pesen ini kira-kira beberapa bulan yang lalu, gue anggap serius dan bener-bener pengen bantu secara golongan darah gue AB.
gue telepon Ketut ini, tapi nomor di atas nggak bisa dihubungi.
dan gue pun sms temen gue yang kirim sms ini ke gue, beberapa hari kemudian, untuk menanyakan hal ini.
dia bilang smsnya ternyata hoax dan sekarang nama yang disebut di pesan itu sedang menjadi target pencarian yang berwajib (itu informasi yang gue terima dari dia ya ..)

dan saat itu gue menyayangkan aja.
gue yakin di dunia ini banyak orang baik hati yang tergerak untuk membantu saat menerima pesan seperti ini.
kalau siapapun dia, yang memulai rantai tipuan pesan di atas, memang bener-bener berniat untuk menipu .. sayang banget.

karena pesan-pesan seperti ini yang membuat orang lama-lama menjadi tidak percaya terhadap pesan-pesan sejenis.
mulai malas untuk mencari tahu apakah orangnya beneran perlu/tidak.
dan akhirnya yang benar-benar butuh pun tidak berhasil memperoleh bantuan yang sebenarnya berhak mereka dapatkan.

in my humble opinion ..
if you’re thinking to spread false information, please save it for yourself lah ..
karena kita nggak akan pernah tahu kapan informasi tipuan kita itu akan merenggut kesempatan mereka yang benar-benar membutuhkan untuk memperoleh bantuan ..

ya nggak sih?

Leave a Reply

