gempa dua malam yang lalu

Standard

jadi ya ..
secara seumur-umur saya kerja kantoran di jakarta (dan sekitarnya .. iya, iyaaaa .. saya tau cikarang bukan jakarta, makanya saya bilang “sekitarnya”!), saya ga pernah kerja di lantai yang tinggi-tinggi gitu.
paling top yaaa .. lantai 4.
kalo lagi ke kadin di kuningan, saya berkeliaran di lt. 29, tapi ga tiap hari juga di sana.
jadi saya ga pernah ada di sana saat gempa menyerang .. juga pada saat kedutaan australia dibom .. juga pada saat jw marriott dibom (lah kalo ini sih saya malah masih kuliah di bandung, malah belum tau hotel jw marriott itu adanya di sblah mana) juga pada saat demonstrasi di kedutaan malaysia, juga pada saat kuningan macet berat saat fauzi bowo dan adang memutuskan untuk melakukan kampanye secara bersamaan.

jadi .. saya termasuk orang yang kurang bisa mengerti perasaan mereka-mereka yang selalu ngirim GM di Yahoo Messenger setiap kali kerasa gempa. kerasa kalo dunia gliyengan dari meja yang mereka tempati di kantor masing-masing.
well, kantor saya skrg di lantai dasar. di luar area jakarta pula. jadi kalo di jakarta ada gempa ato apa, pasti ga kerasa.

pada saat gempa dua malam yang lalu, kebetulan saya lagi di daerah sudirman. baru kelar meeting di salah satu pencakar langit yang (saya rasa) tertinggi di Jakarta. meeting dilaksanakan di lt. 41 .. dan dari sana saya main ke kantor temen saya di lantai 25, menunggu dia pulang kantor untuk maen ke Grand Indonesia setelahnya.

saat lagi bengong berkontemplasi sambil menatap lantai (yea right. berkontemplasi di lobi kantor orang?! hahahaha) mendadak berasa gliyengan. kirain karena saya yang kelaparan. tapi kemudian OB kantor temen saya mengutarakan hal yang sama, dan kita baru ngeh kalau ini gempa.

damn! ternyata gempa berasa banget di lantai 25!!!
selagi berasa lantai gliyengan, ceiling di atas saya pun mulai menimbulkan suara aneh seolah retak dan siap pecah berkeping-keping ..

semua orang yang masih ada di lantai 25 itu pun keluar, termasuk teman saya.
ada yang cukup bodoh masih nyoba turun pake lift (hadoooohhh mereka apa ga pernah baca panduan umum bahwa lift tidak boleh digunakan pada saat darurat .. karena itu ada yang namanya TANGGA darurat, bukan LIFT darurat, my friend!) ..
saya dan teman saya pun berpandangan.
membayangkan menuruni tangga darurat sebanyak 25 lantai.
bikin merinding.

tapi akhirnya kami ke pintu menuju tangga darurat dan mulai meniti jalanan tangga tak bertepi .. sampe tiba di ground floor (jangan pernah berharap turun dr lantai 25 adalah artinya cuma 25 lantai. di gedung-gedung seperti ini, sebelum lantai 1 itu biasanya ada ground floor, upper ground floor .. jadi sebenernya 25 lantai plus plus lah jadinya)
sampe di ground floor (dan bertemu dengan ratusan penghuni gedung lainnya) kami langsung keluar wilayah gedung, dengan lutut gemetar (entah karena panik ato karena kurang olahraga jadi sekali suruh jalan jauh gitu langsung gemeteran .. saya cenderung setuju sama teori yang kedua. hahahahaha)

ngobrol sama abang-abang jual minuman, cerita apa yang kami lakukan, berharap memperoleh tanggapan heboh sekaligus sedikit simpati (siapa tahu dia tergerak memberikan teh botolan gratis sebagai penenang)

tapi responnya cuma ini :
Penjual Minuman (PJ) : “Ha? Emangnya tadi ada gempa, Neng? Kok ga berasa?”
Dua perempuan cantik yang gemetar (DPCYG) : “Ya iyalah Bang! Emangnya Abang pikir kenapa semua orang pada keluar dari gedung?”
PJ : “Kirain emang udah bubaran kantor aja neng ..”
(mata melirik sekitar, melihat peluang bisnis)
(mulai berteriak)
“MINUMNYA, MINUMNYAAA!!! BIAR NGGAK SYOK LAGI SILAKAN MINUMNYA!!!”

dan dia pun jadi cuek bebek sama DPCYG.
dan tetap memberlakukan tarif normal untuk dua teh botolan yang kami minum.

oh what a night ..
(dan sampe detik ini betis saya masih sakit rasanya kayak ketarik meski udah dibungkus counterpain kemaren dan saya jadikan alasan untuk menggunakan sendal untuk keliling kantor)

Leave a Reply

