arisan

Standard

Ternyata arisan adalah salah satu bentuk komitmen jangka panjang.

Sebuah komitmen jangka panjang, yang sering dimasuki oleh seseorang tanpa menyadari sepenuhnya akan konsekuensi yang mungkin timbul.

Beberapa ciri arisan sebagai komitmen jangka panjang :

a. Arisan biasa dilakukan mingguan ataupun bulanan, selama satu periode tertentu. Jumlah minggu/bulan didasarkan pada jumlah peserta arisan yang ikut. kadang dibagi dua, bila tiap minggu/bulan arisan ada 2 orang sekaligus yang dapat arisan. peserta arisan berkewajiban untuk hadir pada setiap pertemuan sampai akhir periode arisan, siapa tahu beruntung dapet arisan hari itu.

b. Arisan mewajibkan anggotanya untuk membayar sejumlah uang sepanjang periode arisan, secara rutin, sampai akhir periode arisan.
menandakan arisan akan merugikan bila pesertanya berhenti di tengah jalan. kerugian bisa berupa uang (belum dapet arisannya, udah berhenti. jadi duit yg udah dibayarkan dianggap hangus), atau kerugian reputasi (udah dapet arisan terus kabur ga mau bayar lagi)

c. Arisan tidak peduli terhadap perubahan.
mau pindah rumah, mau putus sama pacar yang berada di arisan yang sama, mau mendadak miskin – arisan harus jalan terus. penyesuaian terhadap perubahan harus berdasarkan kesepakatan bersama dari seluruh peserta arisan.

jadi …
kalo lo diajak arisan bareng temen-temen pacar lo (yang mungkin dah jadi temen lo juga, tapi tetep aja itu liga mainnya pacar lo, bukan lo) .. mendingan pikir-pikir lagi deh.

ga usah sok-sok berpikiran pengen commit, berpikir bahwa itu salah satu cara lo untuk meng-commit kan diri sendiri terhadap hubungan lo (karena mau ga mau lo akan mengusahakan supaya ga putus sebelum periode arisan selesai)  ..

because guess what, niat baik dari lo ga cukup untuk mempertahankan hubungan lo. harus dari dua pihak. kalau suatu hubungan udah ga work-out, ga mungkin juga dipaksain demi sebuah arisan ..

dan akhirnya menempatkan lo pada posisi yang aneh, dimana TUJUH bulan SETELAH putus lo tetap saja masih harus ikut arisan dengan mantan lo dan teman-teman mainnya .. and it gets weirder everytime, secara mereka mulai bosan dengan alasan lo untuk ga dateng tiap kali arisan diadain ..

dan mantan lo menganggap dengan yakin dan percaya, bahwa teman-temannya SUDAH menjadi teman-teman lo, karena itu nggak mengerti kenapa lo males banget untuk dateng arisan ..

belum lagi kalo one day, mantan lo silap dan membawa cewek barunya ke arisan.
ato lo lagi jail, bawa cowok baru lo ke arisan.
it’ll get soooo weirddd .. :))

jadi yaaa ..
gue masih menunggu arisan gue itu kelar beberapa bulan lagi ..
hihihihi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s