kelas

Standard

gue percaya,
bahwa setiap orang yang hadir dalam hidup gue,
are sent from God to teach me something about life

jadi, bertemu dan dekat dengan seseorang
seolah masuk ke dalam sebuah kelas pembelajaran
dimana ada modul dan exercise yang harus dilakukan dalam rangka belajar mengenai hal-hal dalam hidup (bisa berupa sikap yang harusnya dipelajari, atau pengetahuan baru mengenai dunia pekerjaan, bisa apa saja)
supaya di saat kita lulus dari kelas itu, kita sudah satu langkah lebih pintar,
satu langkah lebih maju dalam perjalanan menjadi manusia yang lebih baik

perpisahan dengan seseorang itu (bisa berupa putus hubungan, atau hilang kontak, atau apa saja) adalah tanda bahwa periode belajar sudah habis,
kita sudah lulus
karena itu sudah waktunya kita masuk ke “kelas” yang lain, dengan “guru” yang lain
demikian juga sang “guru”
sudah waktunya untuk masuk ke “kelas” yang lain

tapi seringnya kita sudah terlanjur ingin tetap di kelas yang sama
entah apa karena ruang kelasnya bagus atau gurunya ganteng
akhirnya memaksakan untuk memperpanjang kelas tersebut, yang sebenarnya tidak boleh
mengakibatkan perpisahan menjadi sesuatu yang menyakitkan,
lebih menyakitkan dari yang seharusnya

gue pernah masuk ke dalam kelas dengan guru yang mengajarkan gue perihal penerimaan dan pengertian, juga belajar untuk mengurangi pikiran negatif yang seringkali membuat gue jadi paranoid (untuk hal-hal tadi, pembelajaran di satu kelas belum cukup, masih berlanjut di kelas berikutnya)

gue pernah masuk ke dalam kelas dengan guru yang mengajarkan gue perihal dunia kerja dan bagaimana menjadi seseorang yang bisa kerja. kelas ini masih berlangsung.

dan sepertinya kali ini,
gue sedang memulai kelas baru,
dengan guru yang mengajarkan gue untuk tidak sok gengsi, mengingatkan untuk menerima bahwa gue nggak bisa seterusnya menjadi hal terpenting dalam hidup orang tertentu, dan ada kalanya gue memang harus mengalah.

jadi ..
kelas apa yang sedang kamu ikuti saat ini?

Leave a Reply

