Office Politics 101

Standard


the last two days have been bad as hell.
bos gue ngomel-ngomel melulu .. gue tahu sih, ngomelnya itu lebih “ngomel sayang” karena intinya dia ngebilangin gue untuk ga begini, ga begitu …
karena terus terang dua hari yang lalu gue kelabakan saat ditikam dari belakang sama seseorang yang lagi sering kerja bareng gue bbrp minggu terakhir ini ..

dia itu seorang ibu-ibu senior mantan sekretaris pengusaha besar, yang tampak sangat profesional, baik hati dan bijaksana pada awalnya ..
i covered her ass in front of my boss a week ago (yg bikin gue terpaksa lembur sampe jam 9 untuk ngejar deadline report yang a.k.a. kerjaan dia, dan dia lagi di luar kota).
tapi kemudian dua hari yang lalu, dia ditanya sama bos gue ttg kerjaan yg belum kelar, dia langsung “mengkambinghitamkan” gue ke bos gue .. dengan satu SMS panjang berisi bahwa semuanya itu kesalahan gue .. bahwa gue berbuat ini-itu .. dan langsung kirim cc-nya ke bos gue.
WTF?!
ribet deh. untung bos gue udah tahu sifat dan hasil kerja gue sehingga dia ga sepenuhnya nyalahin gue. dia cuma ngomelin gue, karena terlalu dekat sama ibu itu .. sama orang-orang lain yang berada di instansi itu .. yang menurutnya adalah VIRUS, yang akan membunuh semua karir gue, kalau gue terlalu banyak menghabiskan waktu di sana.
tapi dia ngebelain gue (meski ga secara langsung) di depan ibu itu, dengan bilang bahwa gue ga boleh dilibatkan lagi dalam pengurusan pekerjaan itu.
that’s good, karena kl bos gue ga bilang gitu, ibu itu akan terus-terusan nyuruh gue ini-itu .. menganggap bahwa gue “kacung”nya dia .. padahal sebenarnya dia nggak boleh nyuruh gue.

ga nyangka aja.

awalnya cuma niat bantu, terpaksa terjun ke lapangan pas kita diminta
siapin beberapa report sementara dia di luar kota (therefore, dia ga
bisa berbuat apa-apa) .. malah akhirnya ibu itu menggampangkan dan
ngrasa berhak nyuruh gue ini-itu, seolah gue digaji untuk dia
suruh-suruh. saat kerjaan ga beres, dengan gampang dia nyalahin
semuanya ke gue. dengan langsung cc ke bos gue pula.

awalnya gue kesel banget. marah. sakit hati.
tapi memang dari situ gue belajar.

so, morals of the story are :
jangan sotoy. nggak usah terlalu berinisiatif. mendingan sedikit sabar daripada terlibat langsung dan akhirnya dimanfaatkan oleh orang lain. kerjakan sesuai dengan porsi masing-masing aja.
dan banyak lagi yang ga bisa gue deskripsikan.

well, anggap aja ini mata kuliah.
Office Politics 101.

images taken from gettyimages

Leave a Reply

