The Illusionist

Standard


Rating: ★★★
Category: Movies
Genre: Drama

Satu lagi film tentang pesulap.

Mungkin bakal ditonton sama mereka yang terpesona dengan film ttg pesulap sebelumnya, The Prestige (Hugh Jackman dan Christian Bale) – berharap bahwa mereka akan mendapatkan kejutan yang sama seperti yang ada di The Prestige. Ditambah ini film masuk salah satu film Jiffest kemarin, membuat film ini terkesan “istimewa” karena tentu ga sembarang film bisa di-screening di Jiffest.

Well, terus terang, semua itu adalah motivasi gue nonton film ini. Dan agak kecewa … because sorry to say, film ini nggak sekeren The Prestige.

Setipe sih, dengan segala macam intrik yang berjalan sepanjang film, yang akhirnya di-reveal semuanya di akhir film. Tapi semua intrik itu cenderung biasa, nggak mengejutkan dan sekeren intrik di The Prestige.

Film diawali oleh adegan dimana Eisenheim (seorang pesulap – diperankan Edward Norton) ditangkap oleh tentara kerajaan Austria setelah salah satu pertunjukkan sulapnya, karena dianggap klenik dan menyesatkan. Dan film ini kemudian flashback ke masa remajanya Eisenheim, kemudian lanjut ke masa kini, tapi masih di masa sebelum penangkapan tersebut.

Jadi film ini tentang seorang pesulap – bernama Eisenheim (Edward Norton) yang terkenal dengan trik-trik sulap yang cukup unik dan ga biasa (salah satu point plus untuk film ini) dan cintanya yang tak pernah pupus untuk seorang perempuan ningrat bernama Sophie van Tuschen (Jessica Biel, yang setelah gue perhatikan sepanjang film ternyata susah “mingkem” hahahaha ..) yang dikenalnya sejak remaja. Mereka bertemu lagi setelah belasan tahun, dan cinta mereka ternyata masih terus ada. Hal ini tentunya terhalang oleh kenyataan bahwa Sophie telah menjadi calon istri Putra Mahkota Kerajaan Austria yang arogan, serakah dan licik – yang sentimen sama Eisenheim karena pernah nyaris dipermalukan di depan staf dan pejabat istana dengan trik sulap Eisenheim.

One thing lead to another, tubuh Sophie ditemukan mengambang di sungai setelah malam sebelumnya menemui Putra Mahkota untuk mengakhiri hubungan mereka. Seorang penjahat ditangkap untuk jadi kambing hitam bahwa dialah yang membunuh Sophie, tapi masyarakat berasumsi bahwa Sophie dibunuh oleh Putra Mahkota.

Konspirasi dan kekuasaan mulai bermain, Eisenheim lalu memulai konsep pertunjukkan baru dengan mendatangkan arwah-arwah (atau trik yang SEOLAH mendatangkan arwah), yang berpuncak pada saat dia mendatangkan arwah Sophie van Tuschen. Hal ini mengundang penyelidikan lebih jauh terhadap Putra Mahkota, untuk tuntutan pembunuhan – penyelidikan dipimpin oleh Inspektur Polisi Uhl (Paul Giamatti).

Rahasia mulai terungkap beberapa menit sebelum film berakhir, melalui penalaran Uhl – apa yang dia lihat, apa yang dia temukan, apa yang dia dengar dalam proses penyelidikan yang dilakukannya. Lewat adegan ini, penonton juga diajak mengerti apa yang sebenarnya terjadi. But like I said, not as surprising, not as astounding, as the tricks and secrets in The Prestige. Akhirnya semuanya lewat begitu aja, tanpa banyak kesan tertinggal tentang rahasia yang dibuka di akhir film.

Terus terang, nggak ada yang terlalu istimewa dalam film ini. Aktingnya biasa aja, settingnya pun udah umum. Yang agak bikin penasaran mungkin cuma trik-trik sulapnya yang cukup baru dan unik, yang sampai akhir film nggak seluruhnya diungkap (gue suka trik pohon jeruknya .. hehehehe)

Sinematografinya bagus, easy on the eyes dengan penggunaan soft focus dan warna-warna adem (cenderung gelap).

Tapi tetep … gue lebih suka sama The Prestige! Mungkin juga karena di The Prestige ada dua lelaki ganteng, sedangkan di The Illusionist cuma satu .. hahahahahaha ..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s