123 PLN ..

Standard

semalem sempet mati lampu di rumah gue ..
secara makin kesini rasanya makin ga nyaman kalau mati lampu (serius deh, semalem itu gerah banget di rumah gue!) gue langsung nelp cust service PLN di nomer 123 ..

telp#1. dijawab komputer, pijit angka 1 dan 2, di-hold karena akan disambungkan dengan customer service .. menunggu 3 MENIT LEBIH .. ga kesambung juga. tetep di hold. akhirnya gue tutup.

telp#2. menunggu 3 MENIT LEBIH, ga kesambung lagi. tetep ke hold. akhirnya gue tutup.

telp#3. menunggu 2 MENIT, mendadak lagu hold-nya ilang. sunyi. akhirnya gue tutup.

telp#4. menunggu 2 MENIT-an, baru AKHIRNYA kesambung sama customer service PLN. hanya untuk berbicara dengan CSO yang sombong, belagu dan sama sekali nggak peduli sama konsumen yang udah nunggu nyaris 10 MENIT cuma untuk ngomong sama dia.

gue ngerti, masalah beginian di luar kuasa dia.
mungkin titik mati-nya listrik harus dicari dulu.
mungkin PLN memang butuh waktu untuk mencari dan membetulkan titik yang rusak.
tapi apa salahnya sih dia bilang
“iya bu, lagi kita cari kesalahannya dimana .. mohon ditunggu aja ya bu .. kita berusaha secepatnya betulin biar bisa nyala lagi ..”

instead of

“duh bu, palingan baru bisa nyala 1-2 jam lagi. ya ga bisa diapa-apain lagi, kita kan harus cari dulu titik kerusakannya dimana. iya bu, kita juga mau cepet, kalo betulinnya lama kita juga capek kan?”

serius deh.
omongan kayak gitu .. dengan nada songong dan sombong .. rasanya ngeselin banget! rasanya pengen nimpuk tu orang pake kolor ..
berasa buang-buang waktu gue ngabisin 10 menit nunggu telepon yang di hold cuma untuk ngomong sama customer service kayak gitu.
gue ga minta dia jadi superman yang menyelesaikan semua keluhan gue. tapi respon yang baik, yang menenangkan, sehingga konsumen kayak gue nggak ngerasa diabaikan.

sialnya, gue ga nanya nama customer service yang semalem.

dan setelah itu, gue ga bisa mikir lain .. selain rasa marah terhadap PLN yang menurut gue udah sangat arogan karena posisinya yang monopoli terhadap pasar listrik di Indonesia .. sehingga akhirnya ga peduli sama konsumen yang sudah membayar mereka untuk memberikan jasa tersebut ..

btw. di cikarang kantor gue pake provider namanya cikarang listrindo. a bit more expensive, karena rate-nya pake dollar. but much more reliable .. nyaris ga pernah blackout. pelayanannya juga lebih baik.
sayang publik endonesa belum mampu kalo hrs bayar listrik dengan rate seperti di perusahaan swasta kayak gini ..

Leave a Reply

