bongkahan berharga

Standard

tak lama berselang,
aku menemukan sebuah bongkahan ..
bongkahan berharga, yang selama ini aku inginkan ..
nyaris nggak percaya saat aku akhirnya mendapatkan bongkahan itu ..

bongkahan itu kutimang-timang ..
kujadikan mainan utamaku ..
kadang-kadang kudapati ada luka di jari ..
agak heran darimana luka di jari itu bisa ada ..
tapi aku tidak terlalu peduli ..

mendadak kemarin jariku terluka lagi
kali ini luka itu cukup dalam, sakit yang ditinggalkan cukup terasa perih
akhirnya kulihat lagi bongkahan baru itu dengan lebih teliti ..
baru aku sadar ..
bongkahan itu memang tampak seperti baru, permukaannya mulus dan rapi ..
tapi bila dilihat terliti, ternyata bongkahan itu sudah bocel sana-sini
tepian-tepiannya tajam
pantas jariku seringkali terluka ..

aku benci dengan pemilik bongkahan yang terdahulu
dia pasti tidak hati-hati dalam memainkan bongkahan itu
sehingga bisa rusak seperti ini
bongkahan ini telah dia buang

terhempas dan tergeletak diam

merusakkannya dan menambah tepian tajam itu

yang kemudian melindungi bongkahan itu dari alam yang ingin menghancurkannya
sebelum akhirnya bongkahan itu kutemukan

dan aku bawa bersamaku

aku tahu,
meski sudah berhati-hati, kadang bongkahan itu pun jatuh dari tanganku
bocel dan tepian tajam itu pun semakin bertambah

bisa saja bongkahan itu kubuang
tapi bongkahan ini begitu berharga buatku
dan aku tahu ..
setelah diperbaiki

dia bisa menjadi suatu bongkahan yang sangat indah dan berharga
aku ingin memperbaiki bongkahan ini
meskipun itu berarti melukai tanganku saat berusaha memperbaiki tepian-tepian tajam itu
dan aku tahu, bongkahan itu nggak akan bisa kumainkan lagi sebelum dia kembali menjadi sempurna ..

akan kucoba untuk memperbaiki bongkahan itu sebisaku ..
mungkin nggak akan bisa sempurna seperti dulu

tapi cukup,

hingga ia bisa kembali terlihat cerah

dan bisa membawa bahagia bagi siapapun yang memainkannya ..

setelah perbaikan itu mungkin aku bisa terus bermain dengannya
atau mungkin aku harus memberikannya pada dia yang lebih berhak ..
dan yang bersedia untuk terus menjaganya ..

yang jelas ..

bongkahan itu ada di tanganku saat ini

aku mau, dan mungkin .. karena aku mau, aku bisa membuatnya menjadi lebih cerah

dan karena aku juga tahu, luka-luka tanganku saat memperbaiki bongkahan itu ..

juga bisa membuat tanganku lebih kuat ..

nggak hanya tanganku ..

tapi juga aku, seluruhnya.

Leave a Reply

