Belajar dari Macet di Cikampek ..

Standard

hari ini macet banget di tol cikampek!

arah dr jakarta ke cikarang sempet macet sebentar selepas pintu tol cibitung, tapi ternyata untuk jalur sebaliknya, dr cibitung entah sampai ke mana (sampai pintu tol cikarang pun, 6 km dr pintu tol cibitung, masih macet total – dan dr pintu tol cikarang sejauh mata memandang antrian itu masih ada) ..
kayaknya udah cukup lama macet total, karena penumpang mobil/truk/bis yang di jalur ke arah jakarta udah pada keluar mobil dan duduk-duduk di jalur hijau.

ternyata kata petugas tol, ada bis kebalik.

gue jadi mikir.

berapa ratus orang yang akan terlambat kerja karena kemacetan ini?
berapa ratus menit waktu seseorang hari ini, ga akan terbuang dengan sia-sia 
karena kemacetan ini?
berapa puluh/ratus kantor yang produktivitasnya terhambat karena kemacetan ini?
berapa ton muatan yang akan terlambat sampai ke customer?
berapa banyak complain-an dari customer yang masuk ke customer service karena barang yang terlambat diantar?
berapa ratus/ribu customer dari customer mereka yang tidak berhasil memperoleh barang yang mereka butuhkan hari ini?
barang yang mereka butuhkan, mungkin untuk menjadi bahan baku proses produksi ..
kalau begitu ..
berapa banyak proses produksi yang akan terhambat?
berapa banyak customer produk mereka yang nggak berhasil mendapatkan produk yang seharusnya mereka produksi hari ini?

kerugian itu akan terus terjadi .. semakin besar karena snowball effect ..
karena sesuatu yang dilakukan oleh satu pihak, akan menimbulkan dampak di pihak berikutnya .. dan begitu seterusnya ..

dan semua itu hanya karena sebuah bis, yang entah karena faktor apa, mengalami kecelakaan.

gue percaya, kecelakaan bisa dicegah kalau supir bis itu hati-hati dalam mengemudi .. kalau supir bis itu mengemudi dalam kondisi sehat dan sadar ..  kalau bis itu dirawat mesinnya dengan baik ..
(bisa aja karena udah takdirnya begitu, tapi untuk tulisan ini, yang dipertimbangkan hanyalah faktor-faktor penyebab yang logis dan rasional aja)

intinya, apa yang dilakukan oleh 1-2 orang individu (supir bis, staf maintenance bis tersebut atau bahkan pengemudi lain yang menjadi faktor pendukung kecelakaan ini bisa terjadi), ternyata bisa menimbulkan dampak yang sangat luas.

kalau 1-2 orang individu ini menjalankan fungsinya dengan benar ..
sekian ratus orang nggak akan terlambat kerja
sekian ratus menit waktu seseorang hari ini, ga akan terbuang dengan sia-sia

sekian puluh kantor produktivitasnya ga akan terhambat
sekian ton muatan nggak akan terlambat sampai ke customer
nggak akan ada complain-an dari customer karena barang yang terlambat diantar
ratusan/ribuan customer dari customer mereka akan berhasil memperoleh barang yang mereka butuhkan ..

ternyata sesuatu hal (nggak selalu hal besar, kadang2 hal sederhana aja) yang kita lakukan sebagai individu, bisa memberikan dampak yang sedemikian luas bagi ratusan orang lain ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s