Hari ini seorang Sunda merantau ke Gereja (berbahasa) Batak ..

Standard

kenalkan. saya Citra. orang Sunda.
hari ini saya akan memperkenalkan set tutorial saya yang baru, bernama :

Sundanese Guide to Batak Church

harap diingat bahwa tutorial ini tidak ditujukan untuk menyinggung pihak manapun, semata-mata hanya bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Yang dimaksud dengan Gereja Batak adalah gereja seperti HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) atau GBKP (Gereja Batak Karo Protestan), yang seringkali melaksanakan lebih dari satu kebaktian setiap hari Minggu, dan memiliki sesi kebaktian yang dilaksanakan penuh dalam bahasa Batak.

For your information, I was in one of them today🙂

Sebenarnya, kebaktian berbahasa Batak (full) dilaksanakan dengan susunan yang kurang lebih sama dengan kebaktian biasanya, hanya bahasanya saja yang berbeda. Dalam kebaktian berbahasa Batak, semuanya (mulai dari lagu yang dinyanyikan, ayat Alkitab yang dibaca sampai khotbah sang pendeta).

Bila hendak menghadiri kebaktian berbahasa Batak, ada beberapa Basic Vocabulary yang harus diingat adalah :
1. Marende Huria – Pujian Jemaat
2. Jonjong – Berdiri
3. Patik – Hukum Taurat
4. Manopoti Dosa – Pengakuan Dosa
5. Manghatindanghon Haporseaon – Pengakuan Iman Rasuli
6. Tingting – Warta Jemaat
7. Pelean – Persembahan
8. Jamita – Khotbah
9. Tangiang pelean – Doa Persembahan
10. Ale Amanami – Doa Bapa Kami
11. Pasupasu – Berkat
(terjemahan didapatkan berkat konsultasi dengan seorang perempuan Batak, mohon maaf bila ada kesalahan, sudah diduga sebelumnya karena memang ada kemungkinan perempuan itu ternyata memang sedikit kurang ahli berbahasa Batak)

Tapi kalau lupa arti kata-kata ini, cukup sering-sering lihat kiri-kanan saja, dan ikuti apa yang dilakukan oleh jemaat. mungkin akan sangat membantu untuk berada di sebelah teman kita yang memang anggota gereja Batak, jadi kalau ada yang tidak yakin bisa langsung ditanyakan.

Kebaktian berlangsung dengan cukup lama, mengingat ada 9 (sembilan) paduan suara yang berpartisipasi, dan karena kebetulan kebaktian hari ini dilaksanakan dalam rangka Parheheon Naposo HKBP.
Kalau nggak salah, Parheheon adalah semacam Porseni, penuh dengan perlombaan olahraga antara wijk (wilayah) dan perlombaan lain seperti suasana tujuhbelasagustusan.
Sedangkan Naposo adalah sebutan untuk Komisi Pemuda di gereja tersebut.

Persembahan Jemaat juga dilaksanakan dua kali, dimana persembahan kedua dilaksanakan setelah khotbah pendeta, seluruh jemaat berjalan ke bagian depan ruang kebaktian, memasukkan persembahan ke dalam kotak tinggi secara bergiliran dan duduk kembali di posisi semula. Semuanya dilaksanakan dengan sopan dan tertib, sehingga sama sekali tidak menimbulkan hal-hal yang bisa merusak suasana kebaktian. Bahkan hari ini saya melihat beberapa jemaat memberikan keranjang berisi buah-buahan – sedikit mengingatkan pada semacam perayaan hasil bumi .. tapi saya kurang tahu apakah hal seperti ini dilaksanakan setiap minggu atau kebetulan hari ini saja.

Selebihnya tidak banyak yang berbeda, ada beberapa lagu merupakan terjemahan bahasa Batak dari lagu yang biasa dinyanyikan di gereja umum, jadi bagi jemaat non-Batak bisa punya kesempatan untuk ikut bergabung bernyanyi dengan semangat ..🙂

Sekian tutorial dari kami. Mungkin kurang berfaedah, karena intinya hanya bertujuan untuk membagi pengalaman hari ini. ;))

Berikut adalah personal remarks dari penulis mengenai kebaktian hari ini :
Ternyata memang bener kok semua orang Batak itu suaranya bagus. Jadi rasanya nyanyiin lagu-lagu kebaktian biasa aja, jadinya udah bagus .. hehehehe .. menyenangkan .. seneng banget denger mereka nyanyi .. meski nggak ngerti lagu apa yang dinyanyiin (habis lagunya pakai bahasa Batak, kadang ada yang versi Indonesianya, tapi nggak selalu).
Paling yang gue tahu cuma lagu ARBAB. huaaaa .. itu sih lagu favorit gue bangeeet .. hehehe tapi yang versi bahasa Indonesianya yaaa .. (teteup) ..
Honestly, hari ini menarik banget lah .. I learned a lot of new things (and new vocabularies, for sureee ..) sayangnya gue bener-bener nggak ngerti apa isi khotbah hari ini ..
untungnya hari Sabtu-nya gue udah dengerin khotbah di kebaktian di rumah temen gue (kebaktian naposo/pemuda juga .. hihi) .. hihi weekend ini gue bener-bener dikelilingi oleh banyak sekali orang Batak😀

next destination : HKBP di daerah Jakarta Selatan, dua minggu lagi ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s