minibus ajaib..

Standard

akhirnya gue menemukan rute angkutan yang paling asoy dari Cikarang ke kampus!
hiahahahahaha ..
jadi ternyata ada yang namanya minibus ajaib, yaitu minibus AKAP (antar kota, antar propinsi) jurusan Cikarang-Cililitan. Bentuknya mobil gede2 gitu (sejenis ELF lah) warnanya merah bata, nomernya C 59 (langsung inget merek kaos jadul .. hehehe)
ongkosnya Rp. 4500,- (boleh sampe pintu tol pdk gede timur, ato sampe cililitan. sama aja)
ada yang AC ada yang non-AC (sejauh ini sih blm berhasil nangkep yang ber-AC .. tapi ga terlalu panas juga kok, secara kalo di tol anginnya kan semriwing gituuu .. hehe)

nah .. gue bilang minibus ini ajaib, karena sumpah, gue takjub sama minibus AKAP dalam hal kapasitas (sistem pengaturan tempat duduk) dan sistem pembayaran ongkosnya ..
oke, jadi kalo dihitung total, kapasitas mobil ini adalah sekitar 27 orang, dengan pengaturan seat yang menakjubkan ..

x x x x x pnt x x x
x
-xx- -xx- -xxxx- x

x x x x x x x x x x(supir)

note :
a. aisle (aLah, aisle ..) antara deretan kursi sebenernya nggak segede itu .. cuma cukup untuk kaki sampai batas dengkul, untuk tinggi badan orang rata-rata ..
b. tanda (-) di deretan tengah menandakan arah duduk orang (tanda x di sebelahnya)
c. pnt itu maksutnya pintu ..

intinya, mereka benar-benar bisa menata duduk penumpang (termasuk arah duduk penumpangnya) untuk mencapai full capacity dari minibus tersebut!

soal ongkos, minibus kayak gini nggak pny kondektur. biasanya saling inisiatif .. ada satu org penumpang (biasanya yg blakang supir ato yg deket pintu) yang mulai mengumpulkan ongkos .. kadang2 sesama penumpang langsung saling tuker kembalian aja .. dan kl udah semuanya baru dikasih ke sang supir (kadang si koordinator minta tukeran recehan juga ke si supir, kalo minta tuker gini biasanya duit itu dioper-oper sampe ke si supir dan sebaliknya)

biasanya mereka ngetem di deket pintu tol sampe penuh, terus masuk tol cikarang dan perhentian pertama adalah pintu tol pdk gede timur (jatibening). secara gue selalu turun di sini, gue nggak tahu lagi dia lewat mana ke cililitan-nya ..

serius, gue kagum lho sama sistem di minibus akap ini ..

dan terus terang hal yang gue takut pas naik minibus ini adalah …
duduk menghadap ke sisi yang salah

bakal ketahuan banget kalo masih anak baru..

hiahahahaha ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s