spit .. spit .. SPIT! (not)

Standard

beberapa hari ini gue mendadak jadi sering berurusan dengan yang namanya AIR LUDAH.

ew .. kinda gross sih, tapi serius deh ..
gue paling sebel sama orang yang meludah sembarangan!!!

kemarin gue naik patas ac cikarang-kalideres .. ada cewek lumayan manis, naik ke bis .. duduk di seberang deretan kursi gue. dia pakai t-shirt ketat merah, celana jeans capri .. cukup modis lah. mendadak, pas bis udah jalan beberapa lama, dia membuang ludah ke lantai bis di dekat kakinya. lumayan banyak. gue menoleh, melirik dia dengan setengah sebel dan nggak percaya.
spitting on a bus.
gue kira dia akan cukup pandai untuk nggak melakukan hal sejorok itu!
buset deh ..

hari sebelumnya, gue emang lagi sial banget kayaknya .. lagi jalan di bawah jembatan penyebrangan dari Komdak ke Plaza Semanggi. Mendadak ada sesuatu yang jatuh dari atas kena ke kemeja dan tangan gue .. dan gue langsung terjijik-jijik pas sadar kalau sesuatu itu ternyata AIR LIUR MANUSIA.
rasanya gue langsung pengen mendongak ke atas, melabrak orang gila (menurut gue manusia yang meludah ke manusia lain pasti sudah gila) itu, tapi nggak mungkin juga .. dia bisa aja nggak mau ngaku .. dan gue bakal jadi cewek gila yang teriak-teriak ke atas jembatan tanpa tahu harus teriak sama siapa.
akhirnya gue keringin semua itu pakai tissue, berharap gue bawa disinfektan untuk mencegah kuman apapun dalam air ludah itu kena ke gue.
but well, secara gue bukan “manusia maniak kebersihan dan kesehatan” .. tentunya nggak ada cairan disinfektan di tas gue.
gue cuma bisa berharap dalam ludah itu nggak ada penyakit apa-apa, dan menyemprot bekas ludah di kemeja gue dengan parfum white musk gue .. karena habis dari Plaza Semanggi gue masih harus kuliah sampe malem .. males aja kalo harus mencium bau air ludah itu semaleman ..

Heran.

ADA APA SIH SAMA ORANG INDONESIA?!

can’t Indonesian people keep their spit for themselves?!

kayaknya gue juga manusia, gue juga punya air liur .. tapi gue bisa menahan diri untuk nggak meludah seharian.
atau setidaknya, kalau air liur itu harus dibuang .. buang di wastafel
atau di kamar mandi .. dan langsung siram dengan air lah. apa susahnya sih?!
sadar nggak sih, berapa ribu kuman yang terkandung dalam air liur manusia?

memang ada alasan logis kenapa Singapura bikin peraturan yang sangat ketat untuk hal seperti ini. Dilarang meludah sembarangan. Terbukti, lingkungan mereka pun lebih bersih dan pastinya lebih sehat.

tapi di Indonesia nggak mungkin juga diterapkan peraturan seperti itu.
Siapa yang mau ngawasin?

dan nggak mungkin juga menerapkan peraturan seperti itu di Indonesia, mengingat kebiasaan antik orang-orang Indonesia di tempat umum, seperti :
– makan jeruk di bis, angkot, dan kereta, dan membuang kulit serta bijinya on the spot
– berusaha mengeluarkan dahak dari tenggorokan dengan bunyi yang nyaring kemudian langsung meludahkannya dimanapun dia berada
– buang ingus sembarangan ..
– buang bekas kondom sembarangan ..

nggak bisa kan, membayangkan orang-orang yang punya kebiasaan seperti itu, menjalankan cara hidup penuh peraturan seperti di Singapura?

bisa semua panik, menyangka kiamat sudah dekat.
*berlebihan .. hehehe*

ya ampun .. (geleng-geleng kepala)

perhaps bringing a small bottle of disinfectant is not such a bad idea after all ..

Leave a Reply

