kemarin dan hari ini

Standard

kemarin ..
aku pulang ke rumah kedua ..
rumah dari semua hal yang menyenangkan ..
rumah dari semua peristiwa seru yang pernah terjadi selama empat tahun di sana
rumah dimana aku selalu merasa lebih dekat dengan Tuhan
rumah dari semua sahabat yang selalu ada
yang selalu mau menyediakan waktu
yang selalu mau meminjamkan kupingnya untuk mendengarkan aku
yang selalu mau meminjamkan lengannya untuk memapah aku di saat aku tak berdaya

kemarin ..
aku belajar bahwa sahabat akan selalu menjadi sahabat
tak peduli berapa lama waktu yang dihabiskan terpisah satu sama lain
mereka selalu ada
kadang menjadi kakak yang selalu mau mendengar dan memberi saran
kadang menjadi saudara kembar melakukan hal gila sama-sama
kadang menjadi adik yang mencari saran dan pertimbangan

kemarin ..
aku tertawa
aku menangis
bersama mereka
bersama Tuhan yang seolah merangkulku setiap aku kembali ke sana
melepas semua beban
melepas semua pikiran
dan berusaha untuk menjadi seorang manusia baru
dengan pola pikir dan tekad yang baru
menyegarkan diri ..
dan mau berubah

kemarin ..
aku juga minta sama Tuhan untuk diberi kesempatan kedua

kesempatan untuk belajar jadi seorang yang lebih dewasa

kesempatan untuk belajar jadi seorang yang bisa mencintai
tidak hanya bisa menyakiti
namun aku tahu
semuanya terserah Tuhan
aku tidak boleh memaksa
dan siapa aku, bisa memaksa Tuhan untuk memberikan apa yang aku inginkan
tapi aku serahkan semuanya
Dia pasti tahu apa yang terbaik untuk aku
saat ini ..
maupun saat yang akan datang

biasanya aku selalu merasa berat saat harus pulang meninggalkan rumah keduaku
dalam hati, rumah kedua ini selalu menjadi tempatku berpulang
tempatku melarikan diri dari bingar hidup yang kadang menyakitkan
namun kemarin ..
aku menyadari bahwa rumah kedua akan tetap menjadi rumah kedua
rumahku adalah Jakarta
dengan segala hingar bingarnya
kesibukannya
masalahnya ..
tapi aku mau pulang ..
aku mau menyelesaikan apa yang tertunda
kalau penyelesaian itu harus terasa sakit
biarlah rasa sakit itu segera datang
agar aku bisa segera pulih ..
tapi bila semuanya selesai dengan sebuah kesempatan
aku mau kembali ..
aku mau belajar ..
aku mau berubah ..

hari ini ..
aku tidak tahu apa yang akan terjadi
tapi apapun yang akan terjadi, terjadilah
aku akan berusaha menghadapi semuanya
dengan hati tegar
dengan kepala tegak
bersama kekuatan yang Dia berikan padaku

thank you, dear God ..
thanks for hugging me and never let me out of your sight
I love you.

Leave a Reply

